Ditelan Lubang Jalanan, 4 Warga Tiongkok Tewas

Lubang yang menganga di Kota Dazhou. (Foto: CNN)

Dazhou: Empat orang tewas setelah ditelan lubang raksasa di Tiongkok pada Minggu. Upaya untuk menyelamatkan dua korban yang hilang meraih kegagalan. 

Media setempat mengatakan, sebuah lubang tiba-tiba menganga di distrik kota Dazhou, provinsi Sichuan, sekitar jam 02:30 dini hari waktu setempat pada 7 Oktober. Rekaman yang dipublikasikan secara daring, beberapa diambil dari kamera CCTV di toko terdekat, mengungkapkan saat keruntuhan mendadak tersebut.

Para korban jatuh ke tanah saat lubang selebar 10 kaki terbuka. Dalam klip lain, dua petugas pemadam kebakaran terlihat berupaya menyelamatkan hidup mereka selama keruntuhan kedua pada Minggu.

Menurut laporan media, korban pertama ditelan tepat setelah tengah malam pada Senin, sekitar 10 jam sesudah insiden terjadi. Orang kedua ditemukan sekitar sembilan jam kemudian. Kedua individu tersebut kemudian dinyatakan meninggal oleh paramedis, yang pertama saat dibawa ke rumah sakit.

Menurut South China Morning Post, regu penyelamat darurat menemukan korban pertama berada 6,5 meter di bawah tanah. Ekskavator kemudian menggali hingga kedalaman delapan meter.

CNN mengidentifikasi dua korban yang tersisa sebagai “ayah dan putranya yang berusia 11 tahun.” Keduanya ditemukan meninggal pada Selasa sore setelah pencarian dua hari oleh tim penyelamat.

“Kesulitan terbesar adalah permukaan jalan tebal dengan sejumlah besar tanah,” kata Gao Mingyue, pejabat di dinas pemadam kebakaran, sebelumnya kepada CCTV (via CNN), seperti disitir dari Newsweek, Rabu 10 Oktober 2018.

Pihak berwenang menyebutkan kabel listrik dan pipa gas bawah tanah memperlambat upaya mereka.

Puluhan petugas pemadam kebakaran terlibat dalam operasi itu dan pihak berwenang telah mengevakuasi ratusan bangunan. Penyebab keruntuhan masih belum diketahui Selasa.

(FJR)